Rio Febrian Wilantara Ketua KNPI Provinsi Jawa Barat

Rio Febrian Wilantara Ketua KNPI Provinsi Jawa Barat

Rio Febrian Wilantara.,S.H.,M.A.,C.LA, kelahiran Sukabumi  03 Februari 1986 ,anak  pasangan Prof. Dr. H. Rully Indrawan dan Hj. Lilis Nurhasanah ini, selain berprofesi sebagai Dosen, Direktur Utama Fabrikasi Topi dan Sport Clothing, juga perusahaan IT Solution Development, Kini ia juga menjadi Ketua KNPI Provinsi Jawa Barat.   

Rio Febrian Wilantra , sebelum menjadi Ketua KNPI Provinsi Jawa Barat, ia merupakan pengurus harian ormas Pemuda Pancasila Jawa Barat. Sebelumnya, Rio adalah Wakil Ketua KNPI Jawa Barat. “Saya tertarik untuk berkontibusi aktif dalam memimpin pemuda, khususnya KNPI Jawa Barat.



Saya terpilih dalam Musyawarah Daerah XIV di Bandung pada tanggal 22 Desember 2017, dengan meraih 81 suara dari 124 pemilik suara,” cerita keterpilihannya sebagai Ketua KNPI Jawa Barat kepada BB, baru-baru ini di Bandung.

Dalam program kepengurusannya, strategi jangka pendeknya adalah menitik beratkan pada kondisi daerah masing-masing sesuai kondisi dan karakteristik daerah.

Menvakup upaya-upaya: Memantapkan fungsi dan keberadaan KNPI untuk ikutserta memantapkan kehidupan berrmasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Membangun hubungan kemitraan dengan pemerintah, lembaga-lembaga swasta nasional serta lemibaga-lembaga informal, agar pelaksanaan program kerja dapat berjalan secara terpadu, terkoordinasi dan berjalan lancar. Meningkatkan partisipasi dan sikap proaktif dalam menyikapi fenomena masyarakat yang berkembang secara dinamis.

Sedangkan program jangka panjangnya yakni : Peningkatan pemantapan profesionalisme sumber daya kader-kader KNPI dalam menghadapi tantangan globalisasi dalam membangun hubungan antar lembaga, organisasi dan instansi sesuai AD dan ART.

Memperkokoh rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan dengan seluruh komponon bangsa di semua sektor kehidupan sejalan dengan dinamika kehidupan bangsa.

Pemantapan iklim pengembangan organisasi yang kondusif, dalam menumbuhkan komitmen dan perjiwaan yang tinggi terhadap nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, wawasan kebangsaan, sikap perilaku etis, moralitas dan semangat kepeloporan.

“Menjawab pertanyaan keberpihakan pemerintah terhadap organisasi kepemudaan/kiprah pemuda, sejauh ini pemerintah sudah berada diposisi yang seharusnya. Program-program kami selalu bersinergi dengan program pemerintah. Pemerintah juga sangat mendukung dalam hal bantuan pembiayaan program-program unggulan kami,” papar Rio.

Penganut moto hidup “Bermimpilah seakan kau akan hidup selamanya. Hiduplah seakan kau akan mati hari ini” mengaku, selain bergabung di KNPI, ia aktif di Pemuda Pancasila Jawa Barat, sebagai Ketua Bidang Litbang, kemudian di Koti Mahatidana sebagai Bendahara, di Himpunan Advokat Muda Indonesia DPC Kota Bandung sebagai Sekretaris.

Rio Febrian Wilantra mengaku tertarik menjadi seorang aktivis/organisatoris karena ketertarikan untuk banyak mengenal orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, terinspirasi untuk selalu aktif di organisasi, selain memang irisan profesi juga menguatkan untuk berorganisasi.

“Jika harus memilih antara profesi dengan organisasi, keduanya sangat penting karena sangat berhubungan kuat, berorganisasi menghasilkan kedewasaan, wawasan, jaringan, dan pengalaman. Beberapa hal tersebut akan mendukung saya dalam menjalankan profesi. Manfaat yang didapat dengan menjadi seorang aktivis/organisatoris yakni mendapatkan jaringan dan pengalaman yang luar biasa luas.

Kemampuan berorganisasi saya dapat dari orang tua dan lingkungan, orang tua saya kebetulan aktif juga di organisasi level nasional yang memberi saya pegalaman mengenai benefit berorganisasi

Dikemukakannya, untuk meningkatkan kualitas pribadi dengan kejujuran, tekad, kemandirian, keramahan, kreativitas, kerja keras, loyalitas, inisiatif, antusias, rendah hati, dan cerdas dengan perubahan, akan menjadi aset yang membawa keberuntungan buat kehidupan pribadi dan berorganisasi.

Menjawab pertanyaan apakah dengan menjadi aktivis atau gabung diorganisasi sebagai batu loncatan untk masuk keranah politik. “Secara teori memang seperti itu, tapi dalam visi saya kedepan, saya sebagai pengusaha ingin menambah jaringan dan pengalaman kepemimpinan dalam berbisnis.

Target hidup saya ingin menjadi pribadi yang semakin baik dan dewasa dalam menjalankan profesi sebagai pengusaha, dan yang penting jaringan bisnis bisa semakin luas,” Rio menjelaskan. (E-018)***
Tags : ketua provinsi jawa barat
Berita Sebelumnya tidak tersedia
Berita Selanjutnya tidak tersedia

berita terkait

Terkini

KNPI TV

unduh aplikasi